Motivasi Bisnis Pengusaha Sukses – Lebih Baik Kecil Jadi Bos Daripada Gede Jadi Kuli

Motivasi Sukses Bisnis HNI HPAI – Lebih baik kecil jadi bos daripada gede Jadi kuli adalah pesan yang sering keluar dari mulut ayah saya sejak saya masih berumur belasan tahun. Kata Bang Jaya SetiaBudi di awal Bukunya, TEPOK – The Power Of Kepepet!

Bang Jaya Setiabudi adalah salah satu mentor Bisnis yang sangat digemari oleh Pebisnis-pebisnis Indonesia. Saat ini bang Jaya Setiabudi sedang Mengembangkan Perumahan Islami dengan Brand Kampung Juragan.

Menurut bang Jay – Panggilan Jaya Setiabudi – Bukan tanpa dasar mengucapkan kata-kata itu, ayah saya merasa menyesal melakukan kesalahan untuk tidak menjadi pengusaha sejak dini.

Dirinya bekerja hingga usia 68 tahun!

Mungkin anda akan bertanya mengapa tidak memulai usaha saat mengucapkan kata-kata itu? Tentu saja tidak semudah itu jika anda memiliki 7 orang anak dan semuanya hidup serba pas-pasan.

Namun kata-kata itu bukanlah, sia-sia terutama bagi saya pribadi yang paling sering di cekoki dengan kata-kata itu.

“Jangan ulangi kesalahan papa”.

Lebih baik kecil jadi bos daripada gede jadi kuli. Kuli kerja kuli dapat makan, nggak kerja nggak dapat makan. Kalau Bos nggak kerja pun dapat makan.

Dari situ Saya memutuskan saya harus jadi pengusaha. Tapi bagaimana caranya? Berguru dengan siapa? mulai dari mana? Modalnya?

Orang tua dan saudara-saudara saya juga bukan pengusaha. Buntu deh rasanya saat itu. Pikir-pikir akhirnya saya putuskan untuk bekerja dulu mengumpulkan uang untuk modal.

Baru memulai usaha Alhamdulillah sekali daftar kerja tokcer juga langsung diterima di Astra Microtronic Technology pulau Batam sebagai teknikal buyer.

Lebih cepat dari apa yang saya targetkan hanya 1 tahun 4 bulan saya mengajukan permohonan pengunduran diri untuk berhenti bekerja.

Sudah Memiliki Bakat Sebagai Pengusaha

Seorang rekan kerja saya mengatakan bahwa saya tidak bakat jadi karyawan tetapi bakatnya jadi pengusaha. Bagaimana dia bisa tahu ya? Iya, katanya saya punya ciri-cirinya.

Masa sih bisa kelihatan? Tanya Saya Penuh rasa penasaran?

Teman saya bilang, “kamu itu Jay tak suka bangun pagi jadi tak cocok jadi karyawan.”

Betul juga ya!😊

“Terus apa lagi? kejar saya.”

kamu juga tak suka pas gaji pas-pasan kata dia.

Hebat benar dia bisa tahu. “Terus apalagi saya tambah penasaran.”

kamu juga tak suka dimarahin bos!

Gila benar, emang kawan saya sakti juga ya bisa tahu bakat saya apa dan di mana. Saking penasarannya saya juga melakukan penyelidikan tentang silsilah keturunan saya. Ternyata benar!

saya menemukan bahwa nenek moyang saya itu seorang pedagang alias pengusaha. Saya mendapatkan bukti itu dari sebuah lagu yang sering saya nyanyikan saat masih duduk di sekolah:

“Nenek moyangku seorang pelaut…

Ternyata nenek moyang kita seorang pelaut. Bukan nelayan loh. Kenapa mereka melaut dari satu samudra-samudra yang lain? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk berdagang dan berbisnis.

Nah, artinya kita bangsa Indonesia ini keturunan pedagang, keturunan pembisnis. Bukan keturunan pegawai.

Kan nah deh.😊😊😊

Bersabung…

Diambil dari Buku Tepok Karya Jay Setiabudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Telepon Sekarang!
Hub. Via WA!