5 Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

48

Apa itu Tekanan Darah dan Bagaimana Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dengan Cara yang lebih Nikmat?

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami – Istilah Tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, di mana akan lebih tinggi pada saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat.

Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda, paling tinggi di waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hari. Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat Anda istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan makanan sehat
Cara Perhitungan tekanan darah tinggi. Menurunkan Tekanan darah tinggi secara alami  dapat dilakukan dengan pola makan sehat

 

Perhitungan atau pengukuran Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran. Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami.

Bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa. Umumnya Tekanan darah yang sehat atau normal orang dewasa berkisar antara 120/80 dan kurang dari 140 lebih dari 90 (120 / 80-140 / 90).

Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole atau Sistolik. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole atau diastolik.

 

Tekanan Darah Tinggi dan Cara Menurukannya Secara Alami

Jika tekanan darah anda lebih tinggi dari kisaran itu, katakanlah 150/100, Anda akan dianggap memiliki tekanan darah tinggi, yang dapat menimbulkan kekhawatiran akan adanya serangan Penyakit lanjutan.

 

5 Jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, terjadi ketika tekanan darah menyebabkan dinding arteri Anda mengembang. Tekanan ini dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang sering menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lain yang bisa mengancam jiwa.

Disamping dari kabar yang kurang mengenakkan itu, ada beberapa kabar baik yang bisa menjadi sedikit perhatian terutama makanan sehat yang dapat mencegah, menurunkan dan bahkan membalikkan kerusakan jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

 

1. Oatmeal

Oatmeal telah lama dikenal akan manfaatnya untuk menyehatkan jantung. Pada tahun 1995 ketika FDA secara resmi menyetujui klaim kesehatan jantung dari The Quaker Oats Company. Bahkan, ini adalah klaim kesehatan berbasis makanan pertama yang disetujui oleh FDA untuk dipasarkan di dalam sebuah kotak produk. (wikipedia.org)

oatmeal - menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan oatmeal
Oatmeal – Penelitian Menunjukkan bahwa Konsumsi Oatmeal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

23 tahun kemudian, Quaker Oats dan beberapa makanan lain yang terbuat dari gandum utuh telah memiliki stempel persetujuan “Menyehatkan Jantung” oleh FDA. Manfaat Oatmeal dalam menyehatkan jantung terdapat pada kemampuan oatmeal untuk menghasilkan serat tinggi, rendah lemak, dan rendah sodium.

Kalau anda adalah penggamar oatmeal atau sereal, cara ini bisa anda lakukan untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda secara alami dan menyenangkan.

 

2. Pisang

Buah Pisang memiliki beberapa kandungan vitamin sehat seperti vitamin C dan B-6. Buah Pisang juga memberikan karbohidrat, protein, serat dan magnesium. Tetapi dari sekian banyak kandungan gizi dan manfaat pisang salah satu hal terbaik untuk jantung Anda adalah Kalium.

Buah pisang - makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami
Buah pisang – Kalium dan Serat pada Buah Pisang dipercaya sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

 

Kalium adalah zat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari garam.

Garam berfungsi menahan air yang bisa menimbulkan masalah jika ginjal Anda tidak bisa membuangnya. Semakin banyak cairan yang Anda miliki dalam tubuh Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda.

Mulailah perbanyak makan Buah Pisang, karena selain rasanya yang nikmat ternyata manfaatnya juga tidak kalah hebat.

 

3. Kentang

Jika pisang bukan makanan yang bisa menjadi pilihan untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda, tenang saja. Anda memiliki beberapa pilihan untuk mendapatkan kalium yang sangat penting itu.

Kentang - menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan kentang
Kentang – Potasium dan Kalium pada Kentang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

 

Salah satu alternatif dari buah pisang yang menempati urutan teratas adalah kentang. Satu umbi kentang mengandung sekitar 897 mg potasium. Itu artinya anda sudah memiliki 25 persen dari jumlah yang disarankan.

Namun Pastikan bahwa kentang yang anda makan bukan dalam bentuk kentang goreng asin.

 

4. Cokelat hitam

Ada begitu banyak manfaat dari cokelat hitam untuk kesehatan jantung – bahkan terlalu banyak untuk disebutkan. Menurut penelitian, Dalam 100 gram batang dengan 70-85% kakao mengandung serat, besi, magnesium, tembaga, mangan, serta banyak potasium, fosfor, seng, dan selenium.

Coklat Hitam - Mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami
Coklat Hitam – Mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Penelitian telah menemukan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, dan sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa makan cokelat hitam dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular (CVD).

Studi ini menunjukkan bahwa hingga 100gram cokelat hitam per hari dapat dikaitkan dengan risiko CVD yang lebih rendah.

Perlu diingat, bahwa 100gram (3,5 ons) adalah jumlah yang cukup besar, dan memang mengandung jumlah kalori yang cukup besar (tepatnya 647) serta 42g lemak dan 24g gula.

wah, nikmat juga ya, sudah rasanya yang enak, khasiatnya pun mantap!

 

5. Berry

Semua buah yang mengandung Berry seperti blueberry, stroberi, raspberry, blackberry, bilberry adalah polifenol yang baik, terutama anthocyanin, mikronutrien, dan serat.

Buah Berry - Mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami
Buah Berry – Mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alamiCoklat Hitam – Mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Selama hampir 40 tahun, serat telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Baru beberapa waktu belakangan ini manfaat buah beri telah dibuktikan dengan penurunan tekanan darah yang tinggi.

 

Akhirnya,…

Jadi, jika anda memiliki resiko tekanan dara tinggi, jantung, stroke salah satu cara enak dan nikmat untuk menghindari penyakit tersebut adalah dengan menyajikan oatmeal, buah berry, hingga hidangan cake pisang dengan hiasan cokelat hitam di atasnya.

Sarapan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami Atau bisa menikmati sajian olahan kentang dan anggap diri Anda sedang menikmati nutrisi jantung tersehat di hari itu.

Selamat menimati Kehidupan yang sehat dengan cara yang nikmat.

 

Namun,…

Jika anda sudah merasa bahwa tekanan darah tinggi anda sudah berada pada tingkat yang mengkhawatirkan anda bisa melakukan Iktiar untuk menurunkannya dengan Herbal yang sudah teruji secara Klinis. Baca artikel “Dapatkan cara mudah menurunkan Tekanan Darah secara alami Dengan Herbal”

Merasa artikel ini bermanfaat dan bisa membantu sahabat dan orang terdekat bebas dari masalah tekanan darah tinggi dan penyakti turunannya? Silahkan dibagikan ya. Semoga pahala jariyah untuk anda. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Telpon Sekarang!
Hub. Via WA!