8 Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis dan Menambah Penghasilan

“Bisnis online tidak bisa dilepaskan dari yang namanya domain dan website. Sayangnya Masih banyak yang bingung apa itu domain dan wesite. Melalui artikel ini anda akan Mengetahui setidaknya 8 Cara Bagaimana Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis dan Menambah Penghasilan.”

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan salam sukses sahabat netpreneur. Semoga semangat kita menjadi seorang Pebisnis internet  benar semakin kuat, motivasi semakin besar dan ilmu serta keahlian kita juga tidak lupa untuk kita tingkatkan untuk bisa meningkatkan penghasilan Kita. Salah Satu Keahlian yang saya maksud Bagaimana Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis.

Nah melalui sharing pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang 8 Cara Memanfaatkan domain dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan Penghasilan kita secara online.

Namun sebelum saya sharing lebih lanjut silakan sahabat netpreneur sekalian untuk bisa mengambil posisi duduk yang santai dan nyaman sambil menikmati cemilan dan kopi hangat. Tentu akan terasa lebih nimat menambah Ilmu sambil ngopi santai.:)

Baik mari kita mulai sharingnya semoga dengan membaca artikel tingkat ini sahabat-sahabat semua memiliki atau mendapat wawasan yang baru tentang bagaimana menjalankan bisnis online secara efektif dengan memanfaatkan nama domain sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal sebagaimana yang diharapkan.

 

Bagaimana Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis?

Bisnis artinya peluang. Kesempatan mendapatkan Penghasilan dari Usaha.

Dan Jika berbicara mengenai peluang usaha dan domain, maka ada banyak celah yang bisa kita manfaatkan terutama dengan semakin memasyarakatnya digital marketing sebagai media pemasaran dan pengembangan bisnis.

Dan itu yang akan kita coba gali pada artikel ini.

Untuk memulainya tentu kita akan mengawali dengan sebuah pertanyaan yang kelihatan atau terdengar sederhana, namun pada prakteknya membutuhkan sebuah ketekunan dan dan kreativitas agar apa yang banyak didambakan orang melalui bisnis online bisa terwujudkan.

Pertanyaannya yang saya maksud adalah Bagaimana sebuah Nama domain mampu menjadi sebuah website bisnis yang Profitable sehingga dapat meningkatkan hasil atau income seorang pengusaha atau pebisnis.

Dalam hal ini pertanyaan tersebut bisa dipecah menjadi 3 bagian kecil yaitu;

1. Apa saja support atau dukungan tambahan yang perlu diberikan Agar sebuah domain menjadi sebuah website yang siap untuk memasarkan produk atau jasa bisnis kita.

2. Bagaimana cara mendapatkan domain tersebut dan kemudian bagaimana cara mengelolanya sehingga bisa menjadi sebuah website?

3. Yang tidak kalah pentingnya, Bagaimana sebenarnya penggunaan atau pemanfaatan domain untuk mengembangkan bisnis dan menambah penghasilan kita.

Kira kira itulah tiga Hal penting yang akan menjadi pembahasan utama kita.

 

Apa itu Domain?

Untuk bisa masuk ke pembahasan di atas maka kita mesti melewati sebuah pintu. Dan pintu utama yang harus kita lewati jika mau membahas mengenai Domain dan website tentu saja kita mesti memulai dari memahami apa arti dari domain itu sendiri.

Ini adalah Hal yang pertama yang prinsipil yang harus kita pahami sebagai seorang pembisnis online ataupun calon pebisnis online sebelum bisa melangkah untuk mengetahui lebih lanjut cara memanfaatkannya untuk bisnis.

 

Jadi apa itu Domain?

Secara sederhana domain adalah nama atau alamat toko/ brand kita secara online. Misalnya website ini menggunakan nama hpaglobalNetwork.com. Nah HPAGlobalNetwork.com itulah yang disebut sebagai sebuah nama domain.

Itu adalah arti domain secara sederhana.

sedangkan penjelasan yang lebih ilmiah yang dilansir dari website Wikipedia bahwa Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. (Wikipedia)

Hmmm…!!!

agak sedikit membingungkan juga ya penjelasan dari Wikipedia ini. tapi tidak mengapa yang jelas kita memahami bahwa nama domain itu adalah identitas kita secara online.

Nah setelah mengetahui apa apa maksud dan arti dari nama domain selanjutnya kita beranjak sedikit ke tipe-tipe atau jenis-jenis nama domain.

Nama domain itu sendiri terdiri dari beberapa kelas.

Ada yang disebut dengan domain premium ada domain biasa. Kemudian ada yang disebut sebagai top level domain dan ada juga yang disebut sebagai local domain.

Bahkan Saat ini pertambahan dan pertumbuhan domain serta jenis-jenisnya sangat sangat masif.

 

Apa yang Membedakan Antara Domain Premium Domain Top Level Domain dan Domain Lokal?

Pertama kita akan sedikit mengulas mengenai domain premium.

Apa itu domain premium?

Domain premium adalah domain yang yang namanya hanya terdiri dari 1 kata. Misalnya sehat.com atau detik.com atau detik.id atau kompas.com atau hni.net.

Nah itu adalah beberapa contoh dari domain premium. Secara spesifik bisa dianggap bahwa domain premium itu adalah domain dengan nama yang terdiri dari 1 kata dan berakhiran top level domain.

Domain – domin ini menjadi premum salah satu penyebabnya karena kemudahan dalam membuat dan mengingatnya. Demikian pula domain premium ini biasanya Memiliki harga yang sangat fantastis atau mahal. semakin sedikit huruf yang dipergunakan maka semakin mahal harga yang diberikan.

Premium domain bisa menggnukana Top Level domain atau Juga bisa menggunakan Domain Lokal. Apa arti dari istilah tersebut akan kita bahas selanjutnya.

Apa itu top level domain itu?

Top level domain adalah domain yang ujungnya atau berakhir dengan tambahan .com, .net, .edu, .org, .gov.

Berdasarkan data atau informasi dari domainesia Top Level Domain sendiri terbagi menjadi dua yaitu,

1. Generic Top Level Domain (gTLD)
gTLD adalah Top Level Domain yang sifatnya general. Adapun yang termasuk gTLD adalah .com, .edu, .gov, .int , .mil, .org, .net.

2. Country code Top Level Domain (ccTLD)
ccTLD adalah TLD yang didasarkan pada kode negara. Misalnya Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us, Singapura menggunakan .sg dan sebagainya.

Country code domain juga bisa disebut sebagai local domain.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, Premium Top level domain ini biasanya memiliki harga yang sangat fantastis. Demikian pula saat ini kita akan sangat susah untuk mendapatkan premium domain yang terdiri dari 1 kata dan menggunakan tambahan top level domain.

Umumnya nama-nama domain tersebut sudah di miliki oleh orang-orang yang yang sudah mengenal dunia bisnis online sejak awal.

Baik, itu sedikit informasi mengenai nama Domain.

 

Bagaimana Caranya Mendapatkan Domain?

Setelah mengetahui berbagai level dan jenis domain maka pertanyaan berikutnya yang perlu dijawab adalah Bagaimana cara atau dimana bisa mendapatkan nama domain tersebut?

Caranya sangat mudah anda hanya perlu mencari sebuah perusahaan registrasi domain atau domain registrar. Perusahaan ini bisa yang ada di luar negeri ataupun perusahaan yang ada di Indonesia. Salah satu penyedia jasa penyedia hosting murah yang ada adalah rumahweb.

Silakan klik link penyedia domain murah berikut Jika anda ingin melakukan pembelian domain di rumahweb.

Umumnya persyarataan yang dibutuhkan hanya alamat email. hanya ada beberapa naa domain yang membutuhkan tanda pengenal atau surat tugas. Biasanya yang terkait dengan sekolah atau organisasi.

Ternyata cukup mudah untuk mendapatkannya ya.

Syarat Membuat Website

Apakah Dengan Mendapatkan Sebuah Nama Domain sebuah website bisa dikatakan sudah jadi? itu adalah Pertanyaan berikutnya yang sering muncul setelah klien mendapatkan sebuah nama domain.

Apakah saya sudah dianggap memiliki sebuah website dengan Nama domain tersebut?

Ternyata belum. Anda masih Butuh tambahan pendukung yang disebut dengan Hosting.

 

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat untuk menaruh segala data-data yang ada di website berisi macam-macam; gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan sebagainya. Jadi, saat website anda dibuka oleh orang lain, data-data yang ada di website akan langsung ditampilkan.

Jadi, apabila anda ingin membuat sebuah website yang berjalan normal sebagaimana yang anda baca sekarang maka anda perlu menyediakan domain dan hosting kemudian menyatukan atau mempropagasi domain Anda ke hosting yang sudah anda sewa.

Jika dalam dunia bisnis offline nama domain itu kita analogikan sebagai sebuah nama toko, Maka di bisnis online hosting itu adalah ruangan atau bangunan tempat toko kita berada.

Jadi sama seperti toko-toko yang ada di pinggir jalan yang sering kita lihat jenis-jenis dan kapasitas ruang hosting pun berbeda-beda. ada yang bersifat atau kapasitasnya seperti lapak-lapak di kaki lima dan ada juga yang sifatnya berbentuk ruko ataupun hotel-hotel berbintang.

Semua itu bergantung kepada paket kebutuhan yang Anda pilih nantinya.

Jenis Hosting yang dimaksud adalah Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS Hosting, Cloud Hosting. Penjelasannya akan diberikan pada penjelasan di artikel lainnya.

Jika anda masih baru masih pemula dan sementara belajar maka anda tidak perlu repot-repot atau bersusah-susah untuk membeli yang paket ruko tetapi cukup dengan membeli yang paket lapak pinggir jalan atau Shared Hosting.

Setelah anda mendapatkan bahwa bisnis anda sudah mulai berkembang dan membutuhkan space di dunia online yang lebih besar maka anda boleh melakukan upgrade layanan hosting yang anda miliki.

Di mana anda bisa mendapatkan Layanan hosting seperti ini?

rumahweb, selain menyediakan pendaftaran nama domain yang murah juga menyediakan layanan hosting murah yang bisa bersaing baik dari segi harga maupun kapasitas dan pelayanan after salesnya.

Jadi bagi Anda yang ingin mencoba coba atau sudah yakin mulai berjualan atau berbisnis secara online silakan menghubungi rumahweb untuk mendapatkan panduan dan bimbingan Bagaimana cara menyediakan nama domain ataupun layanan hosting yang cocok untuk bisnis anda.

 

Apakah Website Anda Sudah Bisa Diakses?

Oke domain sudah siap hosting juga sudah ada. Apakah website kita sudah bisa diakses secara online? Kira – kira itulah pertanyaan selanjutnya.

Ternyata belum.

Masih ada 1 pendukung lagi yang harus anda siapkan agar website Anda bisa tampil live di internet. Pendukung terakhir yang dimaksud adalah script template atau tema.

Apa itu template atau theme?

Template atau tema ini akan menjadi ciri khas dari website Anda nantinya. Dengan kata lain akan menentukan Bagaimana bentuk tampilan dari website Anda dimata pengunjung.

Jadi tampilan website website itu akan berbeda sesuai dengan template yang disediakan.

Ada banyak pilihan template atau theme yang bisa anda gunakan mulai dari template premium maupun template gratisan. mulai dari template toko online, website statis perusahaan, hingga template landing page yang bisa anda gunakan untuk menangkap data dari calon pelanggan Anda misalnya nama nomor WA ataupun emailnya.

Untuk script template ini sendiri sangat banyak jenisnya namun yang paling mudah dan paling direkomendasikan adalah script dari wordpress.org.

Selain tampilannya yang sangat banyak juga scriptnya ringan dan sangat mudah untuk dimodifikasi. Juga sangat user friendly bagi yang baru pertama kali menggunakannya karena sifatnya adalah what you see is what you get atau biasa orang sebut WYSIWYG.

Nah setelah anda melakukan propagasi atau menghubungkan Domain Dengan Hosting dan template anda pilih kemudian install skriptnya maka website Anda pada dasarnya sudah jadi.

Dengan kata lain orang sudah bisa mengunjungi website anda melalui internet meskipun para pengunjung tersebut belum akan menemukan Konten di dalamnya.

Setelah langkah dasar pembuatan website ini maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menata bagaimana agar website Anda ini memberikan hasil sebagaimana yang anda inginkan.

Jika anda menginginkan sebuah website yang berbentuk toko online maka anda harus memodifikasi melalui layanan dashboard admin dan memilih template Toko online agar bisa tampil sebagai mana toko online.

Atau jika anda menginginkannya sebagai sebuah landing page maka anda harus membuatnya atau memodifikasinya seperti itu. Dan semua itu dilakukan melaluiDashboard admin. Tampilannya kira – kira seperti gambar di bawah.

Demikianlah langkah dasar yang perlu anda lakukan agar bisa memanfaatkan domain menjadi sebuah website untuk meningkatkan kapasitas bisnis atau usaha anda secara online.

 

8 Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis dan Menambah Penghasilan Secara Online.

Inilah Point terpenting yang mungkin anda tunggu – tunggu. Setelah saya mengetahui atau memiliki website atau domain, apa yang bisa saya lakukan untuk bisa mengembangkan bisnis dan menambah penghasilan?

Setidaknya ada 8 cara Memanfaatkan domain dan website yang bisa anda pilih sebagai lahan bisnis baru di internet.

  1. Menjadi Reseller Domain. Dengan cara ini anda hanya mendaftar menjadi agen di perusahaan Registrar yang memberikan pelaung usaha modal kecil untuk menjadi reseller. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya memiliki website untuk memasarkan bisnis.
  2. Jual Beli Domain. Adalah Cara memanfaatkan domain melalui jual beli domain. Dengan Cara ini anda lebih dahulu membeli domain untuk anda daftarkan. Selanjutnya anda mencari klien yang sesuai dengan domain tersebut dan memberikan penawaran harga.
  3. Forward Domain. Biasanya dilakukan oleh para pebisnis online yang bermain di bidang affiliate marketing. Dengan cara ini seorang affiliate marketing hanya perlu membeli sebuah domain yang kemudian akan di forward ke website Utama. Selanjutnya jika terjadi penjualan melalui website tersebut maka si pemilik domain atau affilaite akan mendapatkan komisi per penjualan.
  4. Lelang Domain. Biasanya cara ini dilakukan melalui situs lelang online. Umumnya dilakukan di luar negeri dan yang terkenal adalah Ebay.com
  5. Membuat jasa Pembuatan Website. Dengan cara ini maka anda hanya perlu menawarkan jasa pembuatan website. Selanjutnya jika ada klien yang tertarik maka anda tingal menawarkan website apa yang mereka inginkan, nama domain apa yang akan dipergunakan. Mengenai harga sudah tentu harus sesuai kesepakatan terlebih dahulu. Jika sudah sepakat maka anda bisa memberikan tarif sesuai keinginan anda. Bisa tarif pertahun atau per dua tahun dan bahkan per lima tahun.
  6. Membuat Toko online atau website sendiri untuk jualan produk. Ini adalah cara yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online. Caranya sudah jelas, yaitu dengan menjual produk sendiri melalui toko online atau website tersebut.
  7. Menjual Website yang sudah jadi. Cara menghasilkan uang dengan teknik ini adalah perpaduan antara Jual domain, jasa pembuatan website dan Membuat toko online. Namun dengan cara ini, anda terlebih dahulu membuat websitenya, mengisi dengan Konten jualan produk atau jasa dan selanjutnya anda jual kepada target anda. Hasil dari menjual website ini biasanya jauh lebih besar dari ke 6 cra memanfaatkan domain sebelumnya.
  8.  Blog Competition. Adalah cara menghasilkan uang dengan cara memanfaatkan domain yang dibuat menjadi website atau blog dan kemudian mengikuti kompetisi SOE.

Salah satu Even yang bisa anda ikuti adalah even dari Rumahweb.

Demikian 8 Cara memanfaatkan domain Untuk Bisnis dan menambah penghasilan. Silahkan anda pilih mana yag menurut anda paling mudah dn paling cepat menghasilkan. Tentu saja setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Tips penting Seputar Bisnis Online  yag terkait dengan Domain dan Website yang pelru anda ketahui.

Sebagai penutup Berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai pedoman untuk meningkatkan kapasitas nama domain Anda agar bisa lebih profit dan lebih memajukan bisnis Anda secara online.

  1. Pilihlah nama domain yang mudah diingat
  2. Pilihlah nama domain yang menggambarkan bisnis Anda atau brand anda
  3. Pilihlah nama domain yang SEO friendly atau yang sesuai dengan kata kunci target
  4. Pilihlah nama domain tanpa menggunakan angka di akhir.
  5. Lakukan sedikit riset mengenai bisnis Anda sebelum memilih nama domain
  6. Jangan mengambil nama domain lebih dari 3 kata
  7. Jika anda ingin menguasai bisnis lokal maka gunakan nama kota dan kata kunci di dalam domain anda atau domain lokal.
  8. Buatlah blog atau informasi edukasi mengenai bisnis dan layanan produk Anda melalui website Anda
  9. Belajarlah teknik SEO agar website Anda mudah dikenali dan menjadi rujukan dari mesin-mesin pencari
  10. Rutin dalam mengupdate konten pada website anda
  11. Rutin mempromosikan website Anda pada halaman sosial media anda
  12. Buatlah nama domain yang bersifat lebih spesifik
  13. Gunakan top Level Domain agar lebih dipercaya

Demikian penjelasan mengenai 8 Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis dan Menambah Penghasilan yang bisa saya sampaikan secara singkat semoga bisa menambah wawasan dan ilmu anda mengenai bisnis di dunia internet dengan menggunakan fasilitas website.

Salam sukses untuk anda semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Telepon Sekarang!
Hub. Via WA!