Seri Motivasi Hidup : Arti Nilai Sebuah Barang

65

*Arti Nilai Sebuah Barang*

Mari berimajinasi tentang tiga keadaan berikut ini, untuk memudahkan kita dalam memahami apa yang dimaksud dengan Nilai sebuah barang atau istilah kerennyaa *the value of something*.

Pertama, bayangkan anda sedang mengendarai motor di jalan raya kemudian merogoh saku celana dan menyadari bahwa ponsel anda tidak ada. Anda tentu merasa cemas. Anda menduga kemungkinan terjatuh di jalan.

Anda tentu memutar balik arah kendaraan dan mengamati lokasi jalan yang baru saja anda lewati. Benar saja, ada sebuah ponsel tergeletak di pinggir jalan. Anda dekati benda tersebut dan ternyata memang milik anda. Alhamdulillah. Kira kira seperti itu uangkapan hati.

Kedua, bayangkan jika ponsel anda yang terjatuh itu tidak berhasil anda temukan. Saya yakin anda akan panik dan tidak akan konsentrasi selama berkendara. Pikiran anda akan tertuju kepada Ponsel anda tersebut.

Anda pasti memutuskan untuk mencarinya sekali lagi, tetapi masih tidak ditemukan apa-apa. Jantung anda semakin berdegup kencang. Apalagi semua data dan informasi bisnis, bank semua ada di situ. Pasti seseorang sudah mengambil ponsel itu lebih dulu. Pikir anda semakin galau.

Lalu anda melihat ada pos keamanan tidak jauh dari sana, lantas coba-coba bertanya ke sana, siapa tahu saja masih rezeki anda. Benar saja, rupanya seorang petugas mengamankan ponsel itu dari pinggir jalan.

Anda sangat senang sekali, dan mengucapkan terima kasih berulang-ulang kepada petugas yang jujur itu. Hati anda kini sangat lega.

Ketiga, bayangkan jika ternyata anda tidak menemukan ponsel anda meski sudah berulang kali memeriksa jalan dan bertanya ke pos keamanan juga tidak ada yang tahu.

Anda menjadi Panik luar biasa. Maka anda pulang dengan kondisi lesu dan akhirnya Mau tidak mau harus pasrah dan merelakan untuk kehilangan ponsel. Satu hari kemudian, seseorang datang ke rumah anda membawa ponsel milik anda.

Rupanya orang itu membaca profil di ponsel tersebut dan tertulis alamat rumah yang jelas di sana, lalu berinisiatif mencari alamat tersebut dan mengembalikan ponsel itu kepada Pemiliknya, Anda.

Anda tentu bersyukur luar biasa mendapati hal ini. Tak henti-hentinya anda ucapkan terima kasih pada orang itu, bahkan memberinya sejumlah uang sebagai hadiah atas kegembiraan yang anda rasakan.

Nah, ketiga cerita di atas intinya sama saja yaitu orang yang kehilangan ponsel lalu berhasil kembali lagi. Lalu mengapa rasa syukurnya bisa berbeda-beda seperti itu? Jawabannya, karena kehilangan menyebabkan seseorang menghargai miliknya.

Nilai dari sesuatu yang kita miliki terkadang tidak disadari saat kita masih bersamanya. Setelah kehilangan, baru mengertilah kita betapa sesuatu itu sangat berharga. Seperti yang dikatakan orang-orang barat,

*You don’t know what you’ve got until it’s gone.*

Jangan sampai hal ini terjadi pula pada Kesehatan Kita. Saat kita memilikinya, lantas kita tidak begitu menghargai. Begitu kesehatan Mulai Menurun dan kita Sakit sakitan barulah kita menyadari betapa bernilainya Kesehatan. Namun segalanya sudah terlambat.

Sadari value dan Nilai Kesehatan yang sekarang sedang menjadi milik kita, agar kita mampu menjaga dengan sebaik-baiknya.

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tidak sadar betapa berharganya, yaitu kesehatan dan waktu luang.”

(Hadist Riwayat Bukhari)

*Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita yang Melenakan!*

Ingin Berbisnis Sambil berdakwah menebarkan Ilmu dan serta Motivasi Islami seperti ini? Yuk, bergabung di Komunitas Pengusaha Muslim HPAGlobalnetwork.com, Menjalin Kekuatan Umat Membangun pasar Halal.

Silahkan dishare jika anda rasa ada manfaatnya dan orang – orang terdekat anda bisa tergugah dengan tuliasn ini. Semoga Allah membalas dengan ganjaran pahala dan keberkahan Rezeki. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Telpon Sekarang!
Hub. Via WA!